Rabu, 05 Desember 2012

Kapuas Jangan Jadi Kobar Kedua



PALANGKA RAYA
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalteng menginginkan agar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Kabupaten Kapuas dapat berjalan lancar, aman dan terkendali. Sehingga, kejadian di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) tidak terulang di Kabupaten Kapuas.

Seperti diketahui, Pilkada Kabupaten Kobar tidak berjalan mulus. Pasalnya, hampir satu tahun kepemerintahan kabupaten berjuluk "Marunting Batu Aji" itu, tanpa ada Bupati depenitif. Sehingga, memperngaruhi pembangunan di daerah setempat.
Tak sampai disitu, pada Pilkada Kobar sempat menuai protes dari banyak pihak, hal tersebut terlihat adanya aksi demontrasi warga setempat. Bahkan, berujung pada pembakaran rumah jabatan (Rujab) Bupati Kabupaten Kobar beberapa waktu lalu.
“Saya menghimbau, agar pilkada di Kapuas menjadi barometer, pilkada sepuluh kabupaten/kota pada tahun 2013 di Kalteng. Jangan, sampai terulang lagi, seperti pilkada di Kabupaten Kobar beberapa waktu yang lalu,” kata Salengkat Pardosi, Minggu (4/11).
Selain itu, Kesbangpol menghimbau kepada tim sukses calon Wakil Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, tidak membawa isu sara disetiap kampanye. Sehingga, pesta demokrasi bisa berjalan lancar dan sesuai harapan.
“Saya mengharapkan kepada semua pihak, saling menjaga kerukunan. Kalau kita berbeda, itu hanya berbeda dibilik suara saja, diluar bilik suara tidak ada perbedaan lagi diantara kita,” ungkap Salengkat melalui Via Handpone (HP).
Sementara itu, ketua KPU Kabupaten Kapuas Novita mengatakan semua tahapan persiapan Pilkada di daerah setempat sudah ditetapkan jauh-jauh hari. Sehingga, pesta demokrasi di kabupaten tersebut dapat berjalan lancar.
"Untuk perangkat KPU berupa PPK dan PPS sudah dibentuk yang akan membantu pelaksanaan pemilihan. Kami juga mulai mendistribusikan logistik berupa kotak dan bilik suara pada 23 Oktober 2012 ini,” kata Novita saat memaparkan kesiapan penyelenggaraan Pilkada periode 2013-2018 kepada Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Agustin Teras Narang, beberapa waktu lalu.
Selain itu, Ketua KPU Kabupaten Kapuas ini, menambahkan pihaknya sudah menetapkan jadwal dan lokasi kampanye serta penetapan tanggal pemungutan suara putaran pertama pada Selasa, 13 Nopember 2012 serta putaran kedua pada 26 Januari 2013.
Sementara Kapolres Kapuas AKBP Wisnu Putra menambahkan, pihaknya siap mengawal pelaksanaan Pilkada Kabupaten Kapuas. Situasi keamanan di Kabupaten Kapuas saat ini relatif kondusif.dod

Tidak ada komentar:

Posting Komentar