Jumat, 15 Juli 2011

Kabupaten/Kota Dapat Bantuan 1.000 Vaksin Rabies

PALANGKA RAYA – Untuk mengantisipasi terjadinya wabah rabies, Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan memberikan 1.000 vaksin kepada 14 kabupaten/kota di daerah setempat.
“Tahun 2011, kita mendapat bantuan sebanyak 17 ribu vaksin dari pemerintah pusat. Setiap kabupaten/kotanya, diberikan 1.000 vaksin. Sedangkan sisanya sekiar 3.000 vaksin kita simpan,” kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Hewan di Dinas Peternakan Kalteng, Baharudin di Palangka Raya, Jum’at (25/3)
Menurutnya, penyakit rabies sangat berbahaya, apalagi sampai terjangkait ke manusia. Untuk itu, diharapkan pemerintah daerah bisa memperhatikan memberantas penyakit menular tersebut, karena bisa datang kapan saja.
 “Seluruh wilayah daerah di Kalteng ada kemungkinan terjadinya penyebaran penyakit rabies. Karena berdasarkan data tahun 2010, penyakit menular itu menyerang daerah Lamandau, Gunung Mas, Barito Selatan dan Kota Palangka Raya,” katanya.
Dengan disalurkan bantuan terhadap kabupaten/kota se Kalteng, ia berharap agar pemerintah daerah dapat mempergunakan sebaik mungkin, karena potensi penyakin rabies kapan saja bisa datang.
“Bagi masyarakat memilihara anjing, hendaknya menjaga dengan baik, sebab penyakit pada anjing itu, bisa di sebabkan makanan tidak sehat,” tegasnya. (dot)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar