Minggu, 09 Desember 2012

Kalteng Bebas Gempa



PALANGKA RAYA
Masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) patut bersukur. Pasalnya, di Bumi Tambun Bungai tidak memiliki wilayah gempa. Meski demikian, ada 8 jenis ancaman yang patut diwaspadai.
8 jenis ancaman adalah kebakaran hutan dan lahan, banjir, tanah longsor, angin puting beliung, kekeringan, gagal teknologi, wabah penyakit dan konflik sosial.

Asisten I Seketariat Daerah (Setda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Muchtar, mengatakan, pihaknya terus memantau kondisi alam dan petensi potensi bencana di daerah. Untuk itu, diharapkan kesadaran dan kesiapsiagaan dari pemangku kepentingan untuk menanggulangi bencana.
“Penangulangan bencana sebagai perwujudan fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat,” kata Muchtar saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang dalam pelatihan Pemuda Siaga Bencana se Kalteng, Senin (3/12) lalu.
Ia menjelaskan, terjadinya bencana selalu memberi dampak dan menimbulkan kerugian. Untuk itu, masyarakat perlu mewaspadai terjadi bencana alam sejak dini di wilayah masing-masing.
Sementara itu, Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalteng, Mugeni, mengatakan kegiatan itu untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, keterampilan, dan meningkatkan kesiapsiagaan, serta kepedulian relawan kepada masyarakat dalam penangulangan bencana.
“Kegiatan ini untuk mempersiapkan, melatih dan mengorganisir para pemuda agar tangap dan trampil, serta peduli pada pencegahan, penanggulangan, maupun penangulangan pasca bencana,” katanya.
Mugeni menjelaskan, untuk sekarang ini pihaknya sudah membentuk tim relawan siaga bencana. Dalam operasinya tim tersebut akan bergerak cepat untuk membantu masyarakat, apabila terjadi bencana.dod

Tidak ada komentar:

Posting Komentar